Senin, 10 November 2008

Penambahan berat badan selama hamil

Sebetulnya berapa sih penambahan berat badan yang ideal buat seorang ibu hamil? Ternyata penambahnnya nggak pukul rata, melainkan tergantung Body Mass Index (lihat Health Gadgets di sidebar) wanita yang bersangkutan sebelum hamil.

Wanita dengan BMI normal (18.5 - 24.9), penambahan berat yang dianjurkan adalah 12.5 - 17.5 kg. Wanita yang kurus (underweight) boleh menambah beratnya sampai 20 kg. Sedangkan wanita overweight paling banyak/maksimal hanya 12,5 kg.

Bagaimana jika bayinya kembar? Tentu saja penambahan berat bisa lebih dari itu yaitu bisa mencapai 20 kg pada kehamilan kembar dua atau tiga. Penambahan ini tidak seperti deret hitung. Di TM pertama penambahan sekitar 2-3 kg dan selanjutnya tiap bulan rata-rata bertambah 1.5 - 2 kg.

Komposisi penambahan berat (rata-rata):
* Berat bayi : 3 - 4 kg (diakhir kehamilan)
* Plasenta: berat plasenta cukup bulan kira2 1/6 berat bayi, kira2 : 500 - 700 gr
* Berat peningkatan cairan tubuh : 1-2 kg
* Uterus: 1 kg
* Penumpukan lemak dll: 2 - 3 kg
* Payudara: 0.5 - 1 kg
* Volume darah: 1.5-2 kg
* Air ketuban: 1 kg

Wanita yang underweight (BMI<18.5) sebelum hamil, harus bisa mencapai berat badan yang dianjurkan agar tidak terjadi komplikai kehamilan berupa bayi lahir prematur atau cukup bulan tetapi dengan berat lahir rendah (low birth weight = BBLR = SGA).

Sedangkan buat yang overweight (BMI>24.9), harus dapat menjaga penambahan berat badan jangan sampai melebihi yang direkomendasikan agar tidak timbul komplikasi seperti preeklampsia (tensi tinggi), makrosomia (bayi besar) dan risiko diabetes pada ibu dan bayi (kelak).

Jaga berat badan dengan memakan makanan dengan komposisi yang tepat/berimbang. Dianjurkan banyak makan makanan yang berserat, buah2an, sayuran dan protein. Jangan berlebihan konsumsi karbohidrat serta lemak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar