Rabu, 28 Maret 2012

"CATATAN KULIAH"..Perubahan Anatomi dan Adaptasi Fisiologi Ibu Hamil Trimester I, II dan III

..Assalammualaikum..




Perubahan Anatomi dan Adaptasi Fisiologi Ibu Hamil Trimester I, II dan III




Pada ibu hamil, perubahan anatomi sistem-sistem pada tubuh berkembang sesuai tahap usia kehamilannya. Mulai dari trimester I, sampai trimester III kehamilan. Sistem-sistem tersebut meliputi : sistem reproduksi, payudara, sistem endokrin, sistem kekebalan, sistem perkemihan, sistem pencernaan, sistem muskuloskeletal, sistem kardiovaskuler, sistem integumen, metabolisme dan indeks masa tubuh, darah dan pembekuan darah, sistem pernafasan serta sistem persyarafan.

  • SISTEM REPRODUKSI
 
1. Uterus
    Uterus akan membesarpada bulan-bulan pertama di bawah pengaruh estrogen dan progesteron.
Pembesaran disebabkan;
1. Peningkatan vaskularisasi dan dilatasi pembuluh darah,
2. Hiperplasia dan hipertrofi,
3.Perkembangan desidua.



Uterus Normal
Uterus hamil
      Berat : 30 gr
      Berat : pd 40 minggu menjadi 1000gr
      Ukuran : 7-7,5 cm x 5,2 cmx 2,5 cm
      Ukuran : 20 cm x 5,2 cm x 2,5 cm
      Bentuk: alfokat
      Bentuk : 4 bln => bulat akhir hamil => lonjong telur
      Besar : telur ayam
      Besar : 8 minggu =>telur bebek.
      12 minggu : telur angsa (FUT teraba diatas simfisis) tanda hegar : ismus panjang dan lebih lunak.
      16 minggu : sebesar kepala bayi atau  tinju orang dewasa





Tinggi (cm)
Fundus uteri (TFU)
16
½ pusat – SOP
20
dibawah pinggir pust
24
pinggir pusat atas
28
3 jari atas pusat
32
½ pusat – proc. xiphoideus
36
1 jari dibawah proc. xiphoideus
40
3 jari dibawah proc. xiphoideus





1. Serviks Uteri

Jaringan ikat pada servik (banyak mengandungkolagen) lebih banyak dari jaringan  ototyang hanya 10 %. Estrogen meningkat, bertambah hipervaskularisasi sertameningkatnya suplai darah maka konsistensi servik menjadi lunak atau disebuttanda Goodell. Peningkatan alirandarah uterus dan limpe mengakibatkan kongesti panggul dan oedema. Sehingga uterus , servik dan ithmus melunak secaraprogressif dan servik menjadi kebiruan. Pada post partum servik menjadiberlipat-lipat dan tidak menutup.



2. Vagina dan vulva

Hipervaskularisasi pada vagina dann vulvamengakibatkan lebih merah, kebiru-biruan (livide) yang disebut tanda Chadwick. Warna portio tampak livide.Selama hamil pH sekresi vagina menjadi lebih asam, keasaman berubah dari 4menjadi 6,5. Rentan terhadap infeksi jamur.

3. Ovarium

Sampai kehamilan 16 mg masih terdapat korpusluteum graviditas dengan diameter 3 cm yang memproduksi estrogen &progesteron. Lebih dari 16 mg plasenta sudah terbentuk dan korpus luteummengecil, sehingga produksi estrogen dan progesteron digantikan oleh plasenta.

  • PAYUDARA 
Mammae akan membesardan tegang akibat hormon somatomamotropin, estrogen dan progesteron tapi belummengeluarkan ASI. Sommatomamotropin mempengaruhi sel-sel asinus dan menimbulkanperubahan dalam sel-sel sehingga terjadi pembuatan kasein, laktalbumun, danlaktoglobulin sehingga mammae dipersiapkan untuk laktasi. Hiperpigmentasi padaareolla (menjadi lebih hitam dan tegang). Terdapat tuberkel montgomery(hipertropi kelenjar sebasea/lemak yang muncul di areola primer. Peningkatansuplai darah membuat pembuluh darah di bawah kulit berdilatasi.


  • SISTEM ENDOKRIN
1HCG ( hormone CorionicGonadotropic )
Gonadotropin korionik manusia ( HCG ) Yang  disekresi oleh sel trofoblas dr plasentauntuk mempertahankan kehamilan. HCG meningkat 8 hari setelah ovulasi ( 9 hrsetelah puncak LH pertengahan siklus ). Selama 6 – 8 mg kehamilan HCGmempertahankan korpus luteum untuk memproduksi estrogen dan progesteron danselanjutnya akan diambil alih oleh plasenta. 
2. HPL ( Hormone PlacentaLagtogene )
Lactogen plasenta mns ( HPL ) dihasilkan olehplasenta . Pada kehamilan cukup bulan HPL meningkat 10 % dari produksi proteinplasenta . HPL bersifat diabetogenik, sehingga kebutuhan indulin wanita hamilnaik.
3. Prolaktin
Prolaktin meningkat selama kehamilan sebagai  respon thp meningkatnya estrogen. Fungsi  prolaktin adalah perangsangan produksi susu.Pada Trimester II prolaktin Yang disekresi oleh hipofisis janin merupakan perangsang pertumbuhan adrenaljanin yang penting.  
4. Estrogen
Estrogen dihasilkan dalam hati janin dan  paling banyak dalam kehamilan manusia.Menyebabkan pertumbuhan, baik ukuran maupun jumlah sel. Menyebabkan penebalanendometrium sehingga ovum yang dibuahi dapat tertanam. Estrogen jugamenyebabkan hypertrophy dinding uterus dan peningkatan ukuran pembuluh darah& lympatics yang mengakibatkan peningkatan vascularitas, kongesti danoedem. Akibat perubahan ini :Tanda “Chadwick”,tanda “Goodell”, Tanda “Hegar”, hypertrophy & hyperplasia otot uterus, hypertrophy& hyperplasia jaringan payudara termasuk sistem pembuluh/pipa.
5. Progesteron
Peningkatan sekresi, mengendurkan otot-otot halus.Menyebabkan penebalan endometrium sehingga ovum yang dibuahi dpt tertanam.Menjaga peningkatan suhu basal ibu. Merangsang perkembangan sistem alveolarpayudara. Dengan hormon relaxin melembutkan/mengendurkan jaringan penghubung,ligamen dan otot, sakit punggung, nyeri ligamen. Progesteron pada kehamilankadarnya lebih tinggi sehingga menginduksi perubahan desidua. Sampai minggu ke – 6 dan ke – 7 kehamilansumber utamanya adalah ovarium, setelah itu plasenta memainkan peran utama.Fungsi progesteron adalah mencegah abortus spontan, mencegah kontraksi rahim,menginduksi beberapa kekebalan tubuh untuk hasil konsepsi.

  • SISTEM KEKEBALAN
Kadar imunoglobulin tidak berubah pada kehamilan.Kadar anti bodi IgG ibu spesifik memiliki kepentingan khusus krn kemampuanmelintasi plasenta. IgG adalah komponen utama dari imunoglobulin janin in utero& periode neonatal dini. IgG adlh satu-satunya imunoglobulin yang menembusplasenta. Sistem imun janin timbul secara dini. Limfosit muncul pd minggu ke –7 dan pengenalan antigen terlihat pada minggu ke – 12. Produksi imunoglobulinbersifat progresif selama kehamilan.

  • SISTEM PERKEMIHAN
Pembesaran ureter kiri dan kanan dipengaruhi olehhormon progesteron, tetapi kanan lebih membesar karena uterus lebih seringmemutar ke kanan → hidroureter dextra dan pielitis dextra lebih sering.Poliuria karena peningkatan filtrasi glomerulus. Trimester I kehamilan kandungkemih tertekan uterus yang mulai membesar, akibatnya ibu sering kencing.Trimester dua kehamilan  dimana uterustelah keluar dari rongga pelvis  gejalasering kencing tidak dijumpai lagi. Trimester III, bila kepala janin mulaiturun ke PAP, keluhan sering kencing timbul lagi karena kandung kencingtertekan.

  • SISTEM PENCERNAAN
Peningkatan hormon estrogen mengakibatkan terdapatperasaan enek ( nausea ) . Gejala muntah ( emesis ) dijumpai pd bulan Ikehamilan yang terjadi pd pagi hari (morning Sickness ). Emesis yang berlebihan(hiperemesis gravidarum) merupakan situasi patologis. Tonus otot-otot traktusdigestivus menurun, motilitas seluruh traktus digestivus berkurang sehinggamakanan lama berada di usus. Hal ini baik untuk reabsorbsi, tetapi menyebabkanobstipasi karena penurunan tonus otot-otot traktus digestivus. Sering dijumpaimorning sickness, hiperemesis gravidarum dan salivasi. Salivasi adalahpengeluaran air liur berlebihan daripada biasanya. 

  • SISTEM MUSKULOSKELETAL
Pada trimester pertama tidak banyak terjadiperubahan pada sistem muskuloskeletal. Bersamaan dengan membesarnya ukuranuterus menyebabkan perubahan yang drastis pada kurva tulang belakang yangbiasanya menjadi salah satu ciri pada ibu hamil. Lordosis progresif merupakangambaran karakteristik pd kehamilan normal. Mobilitas sendi sakroiliaka, sakrokoksigeal, sendi pubis bertambah besar & menyebabkan rasa tidak nyamandibagian bawah punggung khususnya pada akhir kehamilan mengakibatkan  rasa pegal, mati rasa dan lemah dialami padaanggota badan atas.
  
  • SISTEM KARDIOVASKULER
Curah jantung meningkat 30 % pd minggu ke – 10 kehamilan. Tekanan darah akan turunselama 24 minggu pertama kehamilan akibat terjadi penurunan dalam perifervaskuler resistance yang disebabkan oleh pengaruh peregangan otot halus olehprogesteron. Hipertropi atau dilatasi ringan jantung mungkin disebabkan olehpeningkatan volume darah dan curah jantung.

Perubahan kardiovaskuler dalam kehamilan :
TD darah arteri
       Sistolik                ↓ 4 -6 mg
       Diastolik              ↓ 8 – 15 mg
       Rata-rata             ↓ 6 -10 mg
Semua dasar pd 20 – 24 mg, kemudian sec.b’angsur-angsur naik kenilai-nilai pra- kehamilan
Frek. Denyut jantung      ↑ 12 – 18 mg
Puncak T. ll awal kemudian stabil
Volume stroke                ↑ 10 – 30 %
Puncak T. ll awal kemudian stabil
Curah jantung                ↑ 33 – 45 %
Puncak T. ll awal kemudian stabil

  • SISTEM INTEGUMEN
Pada kulit terjadi perubahan deposit pigmen danhiperpigmentasi karena pengaruh melanophore stimulating hormone (MSH) darilobus hipofisis anterior dan pengaruh kelenjar suprarenalis. Hiperpigmentasiterjadi pada striae gravidarum livide atau alba, areola mamae, papilla mamae,linea nigra, pipi (chloasma gravidarum) akan menghilang saat persalinan.


  • METABOLISME DAN INDEKSMASSA TUBUH
Basal metabolik rate ( BMR ) meningkat 15 % - 20 %untuk pertumbuhan janin dan persiapan memberikan ASI yang  ditemukan pada triwulan terakhir. Kaloridibutuhkan terutama dari pembakaran hidrat arang khususnya kehamilan 20 mg keatas. Protein diperlukan untuk perkembangan badan, alat kandungan, mammae,janin. Protein disimpan untuk persiapan laktasi. Bumil sering haus, nafsu makanbesar, sering kencing dipengaruhi oleh Hormon Somatomammotropin, peningkatanplasma insulin dan hormon adrenal. Kebutuhan mineral ibu : Kalsium 30gram/hr, fosforrata-rata 2 gr / hr, zat besi 800 mg / 30 – 50 mg sehari, dan air minimal 8gelas/hr.

Peningkatan berat badan ibu disebabkan oleh hasilkonsepsi (fetus, plasenta, cairan ketuban) dan berat Ibu (uterus, mammae yangmembesar, volume darah meningkat, lemak , protein, adanya retensi air). Beratbadan wanita hamil naik 6,5 – 16,5 kg, rata-rata 12,5 kg, terutama 20 mingguterakhir.   Kadar alkali-fosfatasemeningkat 4x lipat dibanding wanita tdk hamil, mulai kehamilan 4 bulan. Alkalifosfatase dapat dipakai untuk menilai fungsi plasenta.

  • DARAH DAN PEMBEKUAN DARAH
Volume plasma meningkat pada minggu ke-6 kehamilanSehingga terjadi pengenceran darah ( hemodilusi ) dengan puncaknya pada umurkehamilan 32 – 34 mg. Serum darah (volume darah) bertambah 25 – 30 % dan seldarah bertambah 20 %. Massa sel darah merah terus naik sepanjang kehamilan.Hemotokrit meningkat dari TM l – TM lll.

Peredaran darah dipengaruhi oleh faktor :
  1. Meningkatnya kebutuhan sirkulasi darah sehingga dapat memenuhi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan dalam rahim.
  2. Terjadi hubungan langsung antara arteri & vena pada sirkulasi retro – plasenter.
  3. Pengaruh Hormon Progesteron dan estrogen.
  4. Volume darah : Meningkat, jumlah serum lebih besar daripertambahan sel darah, sehingga terjadi pengenceran darah ( haemodilusi ).

  1. Sel darah
          Sel darah meningkat 20 %, Protein darahdalam bentuk albumin dan gammaglobulin menurun pada TM I.

Sel Darah Putih
Jumlah “Peripheral WBC” makin meningkat dengancepat selama kehamilan. Selama trimester pertama rata-rata jumlah “WBC” adalahsekitar 9500/mm3  meningkatmenjadi rata-rata 20-30.000/ mm3 padasaat ”at term”. Jumlah inimenurun dengan cepat setelah persalinan dan kembali ke kadar sebelum hamil padaakhir minggu pertama pasca persalinan. Adanya hemodilusi maka LED sangatmeningkat ( 4 x dari angka normal )

Pembekuan/Koagulasi
Perubahan pada kadar fibrinogen, faktor-faktorpembekuan dan pleteles selama kehamilan berakibat pada peningkatan kapasitasuntuk pembekuan, dengan akibat peningkatan risiko terjadinya DIC (DisseminatedIntravascular Coagulation) seperti yang terjadi pada komplikasi-komplikasiantara lain molahidatidosa dan abrupsiv plasenta/solusio plasenta.

  • SISTEM PERNAFASAN
Sistem respirasi terjadi perubahan guna dapatmemenuhi kebutuhan O2. Karena pembesaran uterus terutama pada bulan-bulanterakhir kehamilan dan kebutuhan oksigen yang meningkat ± 20 % untuk metabolisme janin. Oleh karenadiaphragmanya tidak dapat bergerak bebas menyebabkan bagian thorax juga melebarkesisi luar. Dorongan rahim yang membesar terjadi desakan diafragma.Terjadi  desakan rahim dan kebutuhan O2meningkat, bumil akan bernafas lebih cepat 20 – 25 % dari biasanya.

  • SISTEM PERSYARAFAN
Perubahan fisiologis spesifik akibat kehamilan dapat terjadi timbulnyagejala neurologis dan neuromuskular berikut:
  • 1. Kompresisyaraf panggul atau statis vaskular akibat pembesaran uterus dapat menyebabkanperubahan sensori di tungkai bawah.
  • 2. Lordosisdorsolumbal dapat menyebabkan nyeri akibat tarikan pada syaraf atau kompresiakar syaraf.
  • 3. Edemayang melibatkan syaraf perifer dapat menyebabkan carpal tunned syndrome selamatrimester akhir kehamilan.
  • 4. Akroestesia(rasa gatal di tangan) yang timbul akibat posisi tubuh yang membungkukberkaitan dengan tarikan pada segmen fleksus barkialis.


 ..Wassalammualaikum..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar