Minggu, 03 Agustus 2008

5 PENYEBAB KEGAGALAN PIL KB

Pil Kontrasepsi kombinasi di pakai lebih dari 100 juta wanita didunia. Pil ini mengandung estrogen dan progesteron, efektifitasnya 99 %. Ada kegagalan yang timbul sekitar 2-8 %. Angka kegagalan ini biasanya akibat penggunaan yang salah (misuse) dari pemakainya.

Berkut ini 5 hal yang membuat efek pil menurun bahkan menghilang:

1.) Tidak memakan pil pada jam yang sama tiap harinya. Karena alasan kesehatan dosis estrogen pada pil telah diturunkan jauh sejak pertama di perkenalkan tahun 1960. Pil modern hanya mengandung 20 mikrogram estrogen (yang jadul 50 mikrogram). Oleh karena dosisnya yg rendah maka pil ini harus dimakan setiap hari pada waktu yang sama.

2.) Lupa makan pil. Jika tidak memakan pil satu kali, maka dosis berikutnya harus didobelkan.

3.) Alkohol. Alkohol dapat menurunkan efektifitas pil. Karena alkohol dimetabolisme di hati dan setiap obat/bahan yang mempengaruhi hati juga akan mempengaruhi penyerapan pil oleh tubuh. Terutama pada peminum berat

4.) Antibiotik dan Obat anti kejang . Obat2an untuk penyakit saraf terutama obat kejang seperti Dilantin dan Carbamazepine, dapat mengurangi effektivitas pil. Antibiotik juga dikatakan bisa mempengaruhi efektifitas pil. jadi jika saat sedang makan obat2an ini dianjurkan untuk memback-up dengan kondom.

5.) Makan pil yang generik. Pil generik memang bisa menghemat uang tetapi biasanya kadar zat yang terkandung didalamnya tidak sama dengan yang merk dagang. (Ini bukan pesan sponsor...biggrinbiggrinbiggrin). Jika kebetulan makan obat diatas (point 4) back-up juga dengan kondom.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar