Jumat, 15 Agustus 2008

Persalinan Supercepat = Partus Presipitatus

Jessica Higgins 36 tahun asal California US, sedang dalam perjalanan pulang dari mall hari selasa kemaren tiba2 merasa ingin melahirkan 6 minggu lebih cepat. Tempat yang dipilihnya adalah halaman rumahnya. Higgins kemudian menghubungi 911, tapi bayinya sudah keburu lahir. Pada saat polisi tiba di tempat Higgins sedang menggendong bayinya dengan tali pusat masih menempel. Suaminya, Jeff tiba tepat waktu untuk memotong talipusat bayi. Jabang baby dalam keadaan sehat walafiat dan dirawat di St. Jude Medical Center. BERITA DARI SINI

Kasus seperti Higgins ini sebetulnya banyak juga dialami ibu2 kita cuma jarang terekspos di media. Persalinan yang cepat dalam istilah medisnya: Partus presipitatus yang didefinisikan sebagai persalinan yang kurang dari 3 jam. Hal ini akibat dari kuatnya kontraksi dan kurangnya tahanan/lunaknya jaringan serviks. Biasanya pada multipara (anak lebih dari 1). Dan bisa berulang pada persalinan berikutnya.

Risiko pada ibu berupa : robekan jalan lahir, perdarahan paska melahirkan, inversi rahim (rahim kebalik keluar) dan infeksi. Sedangkan risiko pada bayi : perdarahan otak karena kepala tidak sempat mengalami proses yang namanya moulding/moulage (penyesuain kepala terhadap jalan lahir), cedera akibat benturan kepal bayi dan robekan talipusat jika kebetulan melahirkan dalam posis berdiri.

Ibu dengan riwayat seperti ini, begitu merasa sakit sedikit saja diharapkan segera mendapatkan pertolongan ke rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar