Jumat, 11 Februari 2011

Apa itu Bakteri E. Sakazaaki?

  1.  E. sakazakii adalah jenis bakteri yang  masuk ke dalam famili Enterobacteriaceae. Enterobactericeae merupakan kelompok bakteri yang ditemukan secara luas di lingkungan. Enterobactericeae dan E.sakazakii dapat ditemukan di setiap lingkungan seperti lingkungan rumah, di dapur, di lingkungan rumah sakit dan juga pada beberapa jenis produk makanan.
  2. E.sakazakii dapat ditemukan di mana saja, di lingkungan sekitar kita, termasuk di udara dan usus kita.
  3. E.sakazakii pada level yang rendah tidak dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan. E dianggap berbahaya bagi bayi yang baru saja lahir prematur atau kurang berat badan.
  4. E.sakazakii bisa muncul saat proses produksi( 1), krn selama proses itu  infant formula mengalami proses pemanasan yang dapat membunuh bakteri ini, dan setiap produk yang keluar dari pabrik harus negatif (tidak didapat) bakteri E. sakazakii. (2) Apabila penyiapan dari susu infant formula tersebut dilakukan sesuai dengan petunjuk produsen,  tidak akan menimbulkan resiko bagi kesehatan.
  5. Powder infant formula  yang keluar dari pabrik disyaratkan harus negatif E. Sakazakii. Apabila penyiapan, penanganan dan penyimpanan infant formula dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan petunjuk pada kemasan maka tidak ada resiko yang ditimbulkan bagi kesehatan.
  6. E.sakazakii ada  dan mulai tumbuh pada infant formula jk bubuk susu  disiapkan (disajikan) dan disimpan untuk waktu yang lama pada suhu optimum pertumbuhannya. Oleh karena itu sebaiknya produk harus segera dikonsumsi setelah siap penyajiannya.
  7. Dari kasus yang pernah dilaporkan, kasus infeksi E.sakazakii yang diketahui bersumber dari infant formula merupakan kasus yang tidak terbiasa terjadi dan kalaupun terjadi terutama terjadi di lingkungan rumah sakit pada bayi di bawah usia normal kelahirannya dan bayi lahir dengan berat badan yang sangat rendah; namun meskipun jarang terjadi,  kejadian ini bisa memiliki akibat kesehatan yang serius.
  8. Pada kasus-kasus tersebut terdapat indikasi bahwa infant formula disiapkan dan ditangani dengan cara yang tidak tepat dan disimpan terlalu lama pada suhu yang terlalu tinggi, setelah penyiapan, sehingga menyebabkan terjadinya kontaminasi dan pertumbuhan sampai level membahayakan.
SUMBER : FAO/WHO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar