Kamis, 10 Februari 2011

Pallindrome

Palindrom (Palindrome) adalah sebuah kata, frasa, angka maupun susunan lainnya yang dapat dibaca dengan sama baik dari depan maupun belakang (spasi antara huruf-huruf atau kata biasanya diperbolehkan). Kata "palindrom" berasal dari bahasa Yunani: palin ("balik" = agian) dan dromos ("lari"=run).

Kebetulan banget ya, hari ini tanggal 11022011 (tanggal pallindrom). Angka ini kalau dibaca bolak-balik tetap sama. Dalam kata2,frasa atau kalimat juga ada yang bila dibaca bolak balik bacaan dan artinya tetap sama. Dalam bahasa Indonesia yang paling gampang contohnya kata "tamat". Kalau dalam kalimat contohnya : "kasur ini rusak".

Kata-kata dalam bahasa indonesia yang termasuk palindrom: ada, apa, ara, asa, bab, ini, katak, kodok, makam, malam, radar, taat dll.

Dalam bahasa inggris banyak contohnya:
Kata-kata : RACECAR, DEED, LEVEL, PIP, ROTOR, CIVIC, POP, MADAM, EYE, NUN, RADAR, TOOT dll. Dalam frasa : LIVE EVIL, STRAW WARTS dll

Kalimat seperti : MADAM I'M ADAM (Pallindrome yang cukup ngetop) dikategorikan sebagai pallindrome.

Dalam semua bahasa bisa terdapat pallindrome. Dalam bahas inggris pallindrome terpanjang: DETARTRATED sedangkan rekor kata pallindrome terpanjang dipegang oleh kata dalam bahasa Finlandia : "SOLUTOMAATTIMITTAAMOTULOS" yang artinya pengukuran laboratorium pada tomat (kira2 gitulah hehe). Juga ada "SAIPPUAKUPPINIPPUKAUPPIAS" yang artinya penjual mangkok sabun (soap cup trader)

Akhirnya : Happy Pallindrome Day


Tidak ada komentar:

Posting Komentar