Senin, 21 Juli 2008

FRACTIONAL CURRETAGE

Postingan ini request seseorang yang nggak mau disebutin namanya...maklum celeb

Sorry judulnya agak sok2 an...karena terjemahannya sering beda tapi maksudnya sesuai dengan judul. Terjemahannya antara lain: kuret bertahap, kuret bertingkat, atau terjemahan lurus kuret fraksional (KF).

KF adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan sample spesimen pada 3 tempat yaitu bagian dalam leher rahim (endo-cervix), segmen bawah rahim (SBR)dan dan segmen atas rahim (SAT) (SBR dan SAT dua2 nya endometrium= bagian dalam rahim). Tindakan pengambilan sample dilakukan secara berurutan dan sample setiap segemen diperiksa secara terpisah.




Lokasi pengambilan sample..bergaris merah

Kalau ngomong tentang kuret jangan bayangin alat2 kuret kayak sendok kerok ... itu jadul...(untuk kuret abortus memang masih tetap dipakai). Sedangkan kuret untuk ngambil sample endometrium antara lain : kuret Pipelle, kuret Sharman, Accrette dan Vabra Aspirator.

Kapan dilakukan tindakan kuret kayak gini? Pada kasus perdarahan rahim (DUB=dysfunctional uterine bleeding atau terjemahan Indonesianya PUD = Perdarahan Uterus Disfungsional). Untuk wanita yang berusia > 40 tahun wajib (mandatory) dilakukan jika mengalami PUD.

Indikasi lain: perdarahan yang banyak (erratic bleeding), gagal pengobatan (failed medical treatment) atau ada temuan kelainan seperti polyp atau tumor rahim (fibroid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar