Jumat, 25 Juli 2008

Ketuban Pecah Dini= KPSW= PROM=KPD


PROM=Preamture Rupture of The Membrane, terjemahan bahasa Indonesianya : Ketuban Pecah Dini (KPD) atau Ketuban Pecah Sebelum Waktunya (KPSW). Mungkin ada istilah lainnya tapi maksudnya sama. Diluar ada juga yang memakai istilah PROM = Prelabor Ruptureof the membrane. Pengertiannya sih sama saja.


Selaput ketuban yang tipis ternyata terdiri dari 5 lapis..klik gambar untuk memperbesar


Fern Pattern pada pemeriksaan Mikroskopis air ketuban

Kapan waktunya ketuban pecah? Dalam buku2 teks dinyatakan bahwa ketuban pecah saat pembukaan persalinan lengkap atau hampir lengkap (9 - 10 cm). Pada kasus PROM ketuban pecah, tetapi proses persalinan tidak timbul.

Kalau terjadi pecah ketuban saat proses persalinan sudah berlangsung (pembukaan >3 cm) ada yang menyebutnya : Early Rupture Of the Membran (EROM).

Penyebab ketuban pecah dini/ketuban pecah sebelum waktunya, belum diketahui betul. Ini ada teori2 yang dibuat, KLIK kalau mau ngilmu (hati2 bisa bikin pusing). Faktor yang diduga sebagai penyebabnya: 1. Melemahnya selaput ketuban 2. Menurunnya kekuatan regang selaput ketuban 3. Leher rahim yang lemah (cervix incompetence) 4. Air ketuban yang banyak (polihydramnios) 5. Hamil kembar 6. Infeksi : saluran kencing dan vagina.

Untuk orang awam secara sederhana untuk mengetahui air yang keluar dari kemaluan adalah air ketuban adalah: keluarnya air nggak bisa di tahan dan bau airnya anyir/amis. Beda dengan pipis yang biasanya bisa ditahan (keculai kebelet berat..he..he...he..) dan jelas aja bau pipis haring/pesing.

Secara medis cairan ketuban dapat didentifikasi dengan mengukur PH-nya (dengan kertas lakmus atau test strip pengukur PH). PH vagina 4.5-5.5, PH air ketuban (7-7,5) gabungan keduanya terukur dengan PH 6-6.2. Dengan kertas lakmus warna merahnya akan berubah jadi biru. Pemeriksaan dibawah mikroskop memperlihatkan gambaran fern pattern.

Penanganan bagi yang hamilnya sudah cukup bulan (minimal 37 minggu), dilakukan induksi persalinan jika memang bisa dilahirkan per-vaginam (vaginal delivery), kalo nggak bisa ya di Cesar. Jika induksi persalinan gagal juga di Cesar.

Untuk ketuban pecah sebelum hamil cukup bulan, pasien dirawat, Bed Rest, diberi antibiotika. Sampai air ketuban nggak keluar. Khusus kehamilan 34 minggu keatas ada yang berpendapat ditunggu kelahiran spontan dalam 24-48 jam. Karena pada kehamilan tersebut paru2 janin sudah mencapai kematangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar