Senin, 21 Juli 2008

ISTILAH OBSTETRI DAN GINEKOLOGI




Kata Obstetri berasal dari bahasa latin 'obstare' yang artinya menunggui. Menunggui orang hamil yang sedang melahirkan. Perdefinisi berarti ilmu yang mempelajari tentang kehamilan, persalinan dan nifas.
Kata ginekologi sendiri berasal dari gyno/gynaikos = perempuan dan logos = ilmu, ilmu tentang perempuan. Perdefenisi berarti ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang organ (reproduksi) wanita diluar kehamilan. Bidang ginekologi termasuk didalamnya: kelainan bawaan, infeksi, tumor, kelainan haid, infertilitas dllsbgnya.
Di luar negeri ada sebagian yang sudah memisahkan keahlian ini (obstetrician saja atau gynaecolog saja), tetapi sebagian besar masih menggabungkannya. Penggabungan ini sering disingkat OBGYN atau O & G. Sama seperti dokter ahli kulit dan kelamin diluar juga sudah banyak yang memisahkan (Dermatologist =ahli kulit saja atau Venerolog= penyakit kelamin saja).
Di Indonesia masih kurang konsisten dalam memakai istilah ini. Singkatannya bisa obgin obsgin, obgyn atau obsgyn. Singkatan dokter Spesialisasis nya sudah tahu semua = SpOG. Terjemahan Indonesia yang paling sering dipakai Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandungan (Cuma nggak disingkat AK&PK, singkatan tetap SpOG). Selanjutnya baca Posting : Dokter SpOG Bingung
Tahukah anda POGI sendiri merupakan istilah yang kurang pas. POGI singkatan dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia. Ini mungkin diambil dari terjemahan bahasa Inggerisnya = Indonesian Society of Obstetrics and Gynecology. (Gynaecology juga betul = English UK). Kalau menurut aku yang lebih tepat istilahnya Perkumpulan Ahli Obstetri Dan Ginekologi Indonesia= (PAOGI). Sayangnya PAOGI sudah ada yang memakainya yaitu Perkumpulan Dokter Residen Obsgin = POGI MUDA.

Kalau googling kata PAOGI jangan harap ada web/blognya. Paling ketemu PAOGI bahasa india/tamil/urdu (nggak tahu dah artinya) atau bahasa tagalog (juga nggak tahu artinya). Mungkin anggota PAOGI pada sibuk menyelesaikan tugas makalh, referat, thesis dll sehingga nggak ada waktu buat nge-blog. Ayo ngeblog terus...sampai tua/mati..(jangan sampai mati dalam keadaan perawan...eh...... maksudnya belum punya blog). SPOG nya apalagi...kecuali yang satu ini...NARSIS lagi).
Diberita koran beberapa hari yang lalu ada berita kematian blogger tertua...umurnya diatas 100 tahun. Tepatnya 108 tahun. Patut ditiru semangatnya...BACA DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar