Kamis, 31 Juli 2008

Konsultasi: Plasenta Previa dan Kelainan Letak

Dear Dokter Didi Yang Baik,

Dok saya berumur 27 tahun dan sudah memiliki Putri yang berumur 1th 7 bulan dan saya sekarang sedang hamil anak ke 2 dengan usia kandungan 32 minggu. Pada kehamilan 6 bulan bayi saya di katakan sungsang oleh dokter kepala disebelah kanan dan kaki di sebelah kiri.

Dan dikatakan oleh dokter saya ini saya harus melahirkan secara secar padahal saya ingin sekali melahirkan secara normal dikarenakan anak pertama saya lahir secara normal dan tidka ada keluhan yang sangat berarti.Karena tidak puas dengan pendapat dokter yang pertama saya mencoba mencari 2nd option dengan mencoba periksa ke dokter lain.Saya periksa lagi pada usia kandungan 7 bulan di USG oleh dokter kepala masih disebelah kanan dan kaki disebelah kiri, selang 10 detik di USG lagi kepalanya udah berpindah kebawah dan kaki diatas, dan dikatakan oleh dokter ini bahwa ari-ari atau placentanya menutupin jalan lahir tapi masih setengah. Yang ingin saya tnayakan dok apakah saya bisa melahirkan secara normal menurut dokter, dan apakah saya boleh diurut untuk membetulkan posisi bayi saya.Saya masih tetap sering sujud dengan durasi waktu 5 -10 menit dan saya seorang muslim kalau sujud diwakyu sholat sering saya lamakan.Apa lagi yang mest saya lakukan untuk supaya saya bisa melahirkan secara normal dok.Mohon sarnnya ya dok.Maaf kalau kepanjangan.Abis jarang bisa curhat ama dokter karena waktu kunjungan yang cuman sebentar.

Yth ibu.E...

Untuk posisi yang dimaksud kepala di kanan kaki di kiri adalah lintang. Untuk usia kehamilan 7 bulan pada anak kedua posisi bayi belum fixed. Masih bisa berubah. Jadi tetap saja lakukan sujud/nungging-nungging. Nanti bulan berikutnya coba diperiksakan kembali. Bisa jadi letak plasenta yang salah itu (plasenta previa) merupakan penyebab kepala bayi jadi tidak mau masuk.

Untuk urut tidak boleh dilakukan karena banyak mudharatnya antara lain lepasnya ari2 (solusio plasenta). Letak plasenta yang total menutup (apalagi yang sentral) memang kecil kemungkinannya untuk berubah. Jika menutup sebagian/letak rendah masih ada yang namanya fenomena "placenta migration" dimana letaknya menjauh dari jalan lahir akibat pertumbuhan segmen atas rahim lebih cepat dari segmen bawah rahim. Jadi periksakan kembali saat kehamilan 38 minggu. Jika masih total menutupi sebaiknya memang dilakukan operasi secara berencana (jng tunggu berdarah ntar kalang kabut semuanya....). Jika posisi ari2nya rendah dan didepan (anterior) maka masih bisa dicoba persalinan normal. Karena nantinya kepala bayi bertindak sebagai penekan plasenta sehingga tidak berdarah. Kalau plasenta rendah dibelakang (posterior) maka tidak bisa dilakukan persalinan normal.

Salam : Dr Didi SpOG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar