Kamis, 31 Juli 2008

Memperkirakan Hari Lahir



Ini ada satu lagi gadget untuk memperkirakan tanggal persalinan. Caranya cukup mudah, tinggal masukkan tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT), Lama siklus mentruasi, dan Lamanya fase luteal. Pencet tombol 'calculate' keluar hasilnya berupa : tanggal perkiraan konsepsi (bertemunya sel sperma -ovum), tanggal perkiraan lahir dan tua kehamilan saat ini (tanggal saat mencet tombol 'calculate').

Contoh pada screnshot HPHT : 11 November 2007, lama siklus 28 hari dan lama fase luteal diambil default (14 hari). Hasilnya : Perkiraan konsepsi: 25 November 2007, Taksiran pesalinan : 17 Agustus 2008 dan tua kehamilan : 37 minggu 4 hari.

Sebagai catatan jika fase luteal nggak tahu isi saja dengan angka default (14). Kalau mau lihat gambar dimana kira2 letak fase luteal dalam proses haid klik disini. Tanggal perkiraan persalinan bukanlah tanggal kelahiran bayi (bisa saja tepat/kebetulan). Tanggal perkiraan adalah usia kehamilan 40 minggu. Sedangkan persalinan normal sudah bisa timbul pada usia kehamilan 37 minggu (jarang). Terbanyak diusia kehamilan 39-41 minggu.

Jadi buat bapak2 yang mau ambil cuti untuk mendampingi isteri (SIAGA), dapat memperkirakan kapan cuti kira2 bisa diajukan ke tempat kerja.


Link nya lihat di sidebar "GADGETS"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar